Melempar banyaknya Apel
A. Pembuatan Gambar
Gambar
1. Cara Kerja Media
Buatlah dua gambar dari menu “Choose a Sprite”
yaitu “Sprite1” dan Apple. Untuk tampilan backgroundnya dapat diambil dari “Backdrops”.
Setelah membuat rancangan gambar, baru kita buat skenario jalan cerita sesuai
yang kita rencanakan
B. Membuat
Skenario
Skenario yang akan
kita buat adalah “Ketika bendera hijau ditekan, maka muncul pertanyaan dari
Sprite1 untuk meminta kepada pengguna untuk memasukan jumlah apel yang akan
dilemparkan. Ketika, pengguna sudah mengisi beru pa nilai, selanjutnya Sprite1
akan melemparkan banyaknya apel sesuai dengan pengisian dari pengguna”.
C. Bahasa Perintah Block
1. Pada Sprite1 (kucing)
Gambar
2. Pilih Sprite1
Sebelum memasukan
bahasa Block, langkah awal yang perlu diperhatikan adalah memilih gambar “Sprite1”
terlebih dahulu baru memasukan bahasa Block.
Gambar 3. Bahasa Block pada
Sprite1
Ketika bendera hijau diklik, ukuran Sprite1 akan
berubah menjadi lebih kecil dari semula yaitu 50% dari semulanya, tejadi jeda 1
detik kemudian dilanjutkan pertanyaan dari Sprite1 untuk memasukan julah apel,
kemudian menyeting variabel a dengan mendapatkan hasil jawaban dari pengguna,
menyeting variabel b dengan nilai 0, dan menyeting variabel c dengan nilai 0 juga,
untuk melanjutkan menggunakan fungsi balok dengan nama lanjutkan. Pada balok
lanjutkan disusun blok perintah dengan memberikan fungsi pengulangan sebanyak
variabel a, pengulangan tersebut dilakukan terhadap perubahan b yang akan terus
bertambah 1 dan jika variabel b sudah melebihi 10 maka c akan bertambah 1 dan b
akan dikembalikan ke nilai 0, jangan lupa kita memasang fungsi untuk hasil
clone dari Appel untuk menampilkan jumlah banyaknya Apel, tampilan ini akan
terjadi pengulangan selama 0,2 detik.
2.
Pada Sprite1 (kucing)
Gambar
4. Pilih Sprite1
Selanjutnya setelah
mengisi Block pada Sprite1, kemudian kita berpindah untuk memilih gambar Apple,
utnuk membrtikan perintah Block.
Gambar 5. Bahasa Block pada Apple
Ketika bendera hijau diklik, Apple akan berubah menjadi ukuran 50% dari ukuran semula lalu posisi apel tersebut diletakan pada sumbu x dan sumbu y yang disamakan dengan posisi Sprite1. Dan ketika Apple sebagai clone (Perinta diperoleh dari Sprite1), Apple akan bergerak secara tersusun.
D. Hasil
Media Scratch
Gambar 6. Bahasa Block pada Apple
Ketika bendera hijau diklik untuk menjalankan
media, Sprite1 akan bertanya meminta kepada pengguna, lalu pengguna mengisikan
angka untuk jumlah apel yang akan dilemparkan, misalnya 16 apel, ketika di
enter atau menekan tombol ceklist, Sprite1 akan melemparkan apelnya sebanyak 16
buah.
Untuk melihat animasi medianya seperti dibawah ini!
إرسال تعليق