Melempar Banyaknya Apel

 

Melempar banyaknya Apel


A. Pembuatan Gambar



Gambar 1. Cara Kerja Media

 

Buatlah dua gambar dari menu “Choose a Sprite” yaitu “Sprite1” dan Apple. Untuk tampilan backgroundnya dapat diambil dari “Backdrops”. Setelah membuat rancangan gambar, baru kita buat skenario jalan cerita sesuai yang kita rencanakan

B.  Membuat Skenario

Skenario yang akan kita buat adalah “Ketika bendera hijau ditekan, maka muncul pertanyaan dari Sprite1 untuk meminta kepada pengguna untuk memasukan jumlah apel yang akan dilemparkan. Ketika, pengguna sudah mengisi beru pa nilai, selanjutnya Sprite1 akan melemparkan banyaknya apel sesuai dengan pengisian dari pengguna”.

 

C.  Bahasa Perintah Block

1. Pada Sprite1 (kucing)


Gambar 2. Pilih Sprite1

Sebelum memasukan bahasa Block, langkah awal yang perlu diperhatikan adalah memilih gambar “Sprite1” terlebih dahulu baru memasukan bahasa Block.

Gambar 3. Bahasa Block pada Sprite1

Ketika bendera hijau diklik, ukuran Sprite1 akan berubah menjadi lebih kecil dari semula yaitu 50% dari semulanya, tejadi jeda 1 detik kemudian dilanjutkan pertanyaan dari Sprite1 untuk memasukan julah apel, kemudian menyeting variabel a dengan mendapatkan hasil jawaban dari pengguna, menyeting variabel b dengan nilai 0, dan menyeting variabel c dengan nilai 0 juga, untuk melanjutkan menggunakan fungsi balok dengan nama lanjutkan. Pada balok lanjutkan disusun blok perintah dengan memberikan fungsi pengulangan sebanyak variabel a, pengulangan tersebut dilakukan terhadap perubahan b yang akan terus bertambah 1 dan jika variabel b sudah melebihi 10 maka c akan bertambah 1 dan b akan dikembalikan ke nilai 0, jangan lupa kita memasang fungsi untuk hasil clone dari Appel untuk menampilkan jumlah banyaknya Apel, tampilan ini akan terjadi pengulangan selama 0,2 detik.

2.   Pada Sprite1 (kucing)


Gambar 4. Pilih Sprite1

Selanjutnya setelah mengisi Block pada Sprite1, kemudian kita berpindah untuk memilih gambar Apple, utnuk membrtikan perintah Block.

Gambar 5. Bahasa Block pada Apple

 Ketika bendera hijau diklik, Apple akan berubah menjadi ukuran 50% dari ukuran semula lalu posisi apel tersebut diletakan pada sumbu x dan sumbu y yang disamakan dengan posisi Sprite1. Dan ketika Apple sebagai clone (Perinta diperoleh dari Sprite1), Apple akan bergerak secara tersusun.


D.  Hasil Media Scratch



Gambar 6. Bahasa Block pada Apple

Ketika bendera hijau diklik untuk menjalankan media, Sprite1 akan bertanya meminta kepada pengguna, lalu pengguna mengisikan angka untuk jumlah apel yang akan dilemparkan, misalnya 16 apel, ketika di enter atau menekan tombol ceklist, Sprite1 akan melemparkan apelnya sebanyak 16 buah.


Untuk melihat animasi medianya seperti dibawah ini!


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama