Membuat Persegi Panjang
A. Gambar Scratch yang dipersiapkan
Gambar 1. Menambahkan Gambar
Masukan gambar yang terbaru yaitu "Parrot" diambil dari "Choose a Sprite", dan untuk background, bisa memilih gambar dari "Backdrops".
Gambar 2. Menambahkan Add Extension
Tambahkan "Pen" pada menu "Code" melalui "Add Extention".
Gambar 3. Menambahkan Variables
Tambahkan 2 "Variables" dengan nama "lebar" dan "panjang" dan biarkan kondisi dari lebar dan panjang pada keadaan terceklist.
B. Skenario Cerita
Skenario dari media sebagai berikut: "Ketika bendera hijau diklik maka, terjadi percakapan antara 2 objek yaitu "Sprite1" dan "Parrot", nama dari "Sprite1" adalah Tom, sedangkan nama dari "Parrot" adalah Budi. Dalam percakapan tersebut, tugas "Sprite1" sebagai penanya kepada pengguna, untuk memasukan nilai panjang dan nilai lebar, sedangkan tugas dari "Parrot" adalah membuat gambar dari persegi panjang diakhiri kesimpulan dari "Sprite1".
C. Kode Perintah yang akan dimasukan
Gambar 4. Kode pertama untuk Sprite1
Pilih gambar "Sprite1" di bagian "Sprite" lalu masukan kode pertama, yang berisi menyapa kepada "Parrot" kemudian menyiarkan "pesan1".
Gambar 5. Kode pertama untuk Parrot
Pilih gambar "Parrot" di bagian "Sprite" lalu masukan kode pertama, yang berisi menjawab dari "Sprite1" kemudian menyiarkan "pesan2". Jangan lupa pasang bendera hijau, pada awalnya "Parrot" akan bergerak secara animasi (terbang) dan pada posisi awal dan "Pen" keadaan terangkat serta hapus semua gambar .
Gambar 6. Kode Kedua untuk Sprite1
Pilih gambar "Sprite1" di bagian "Sprite" lalu masukan kode kedua, yang berisi pembahasan materi, menyapa kepada pengguna, dan meminta tolong menggambarkan persegi panjang kepada "Parrot" kemudian setelah itu menyiarkan "pesan3".
Gambar 7. Kode Kedua untuk Parrot
Pilih gambar "Parrot" di bagian "Sprite" lalu masukan kode kedua, yang berisi kesanggupan yang diperintah dari "Sprite1" kemudian setelah itu menyiarkan "pesan4".
Gambar 9. Kode Ketiga untuk Sprite1
Pilih gambar "Sprite1" di bagian "Sprite" lalu masukan kode ketiga, yang berisi tentang permintaan kepada pengguna untuk memasukan nilai panjang dan nilai lebar diperintah dari "Sprite1" kemudian blok program dilanjutkan dengan memanfaatkan "My Blocks" dengan nama "lanjutan1".
Gambar 10. Kode Keempat untuk Sprite1
Tetap Pilih gambar "Sprite1" di bagian "Sprite" lalu masukan kode keempat, yang berisi tentang ucapan terimakasih kepada pengguna dan meminta tolong membuat gambar yang diperintahkan oleh "Sprite1" kepada "Parrot" lalu menyiarkan "pesan5".
Gambar 11. Kode Ketiga untuk Parrot
Pilih gambar "Parrot" di bagian "Sprite" lalu masukan kode ketiga, yang berisi kesanggupan yang diperintah dari "Sprite1" dan menyiapkan untuk menggambar persegi panjang, kemudian setelah itu, gunakan "My Block" dengan nama "lanjutan2".
Gambar 12. Kode Keempat untuk Parrot
Tetap Pilih gambar "Parrot" di bagian "Sprite" lalu masukan kode keempat, yang berisi tentang membuat persegi panjang secara animasi kemudian mengatakan sudah selesai kepada "Sprite1", setelah itu "Parrot" kembali ke posisi semula lalu menyiarkan "pesan6".
Gambar 13. Kode Kelima untuk Sprite1
Pilih gambar "Sprite1" di bagian "Sprite" lalu masukan kode kelima, yang berisi tentang memberikan kesimpulan hasil gambar berdasarkan ukuran panjang dan lebar ketika pengguna mengisikannya.
D. Cara Kerja Media
Ganbar 14. Cara Kerja Media
Ketika bendera hijau ditekan, maka terjadi percakapan antara "Sprite1" dan Parrot, kemudian "Sprite1" meminta kepada pengguna untuk memasukan nilai panjang dan lebar dari persegi panjang, kemudian "Sprite1" menyuruh "Parrot" untuk membuat persegi panjang yang sudah ditentukan ukuran dari panjang dan lebar dari masukan pengguna, stelah selesai pembuatan persegi panjang "Parrot" akan menyampaikan bahwa gambar perseginya sudah selesai, dan kembali ke posisi semula, sedangkan "Sprite1" memberikan kesimpulan dai hasil gambar tersebut.
Untuk lebih jelasnya dapat memainkan gambar animasi di bawah ini!
Posting Komentar