Membuat Teks Berjalan

 Membuat Teks Berjalan


1.  Percobaan pertama

Pada percobaan pertama, penggunaan teks akan dimunculkan ketika Sprite1 (Kucing) berbicara sesuai dengan urutan List, artinya langkah awal untuk mengaktifkan List, tinggal menekan “Make List” pada Menu Variabel dengan nama "kumpulan teks". Lalu akan muncul blok-blok list.

Gambar 1. Memunculkan Blok List

 Setelah itu, buat gambar-gambar sesuai dengan rancangan.


Gambar 2. Rancangan Gambar

Rancangan gambar berfungsi untuk menampilkan cara kerja apakah sudah sesuai dengan blok-blok perintah yang sudah disusun. Lalu tambahkan element pada list yang bernama “kumpulan teks” dengan cara menekan tombol “+” lalu tuliskan pada urutan pertama “Hallo teman-teman”, setelah itu tekan lagi “+” untuk menambahkan kalimat kedua “Apa Kabarnya?”.

Gambar 3. Susunan Blok-blok Perintah

Penjelasan pada gambar 3 Ketrika bendera hijau ditekan, selama selang 1 detik akan menyeting variabel a sama dengan 0 kemudian terjadi pengulangan sebanyak sesuai dengan banyaknya anggota di dalam list yang bernama kumpulan teks yaitu 2 anggota berarti terjadi pengulangan sebanyak 2 kali terhadap perubahan variabel a dengan pertambahan 1, lalu kucing akan berkata sesuai urutan a, misalkan ketika a sama dengan 1 maka urutan 1 pada list”kumpulan teks” yang berbunyi “Hallo apa kabar?”, lalu berubah lagi a bertambah 1 lagi menjadi 2, pada urutan 2 pada list “kumpulan teks” dan kucing akan berkata “Apa Kabarnya?”


Gambar 4. Hasil sudah sesuai


2.  Percobaan kedua

Pada percobaan kedua adalah menjalankan kalimat dengan menggunakan huruf, berarti kita memasukan gambar huruf (word) ke dalam scratch.

Gambar 5. Memilih Gambar

Selanjutnya pilih word untuk memasukan kata ke dalam pada bagian sprite, yaitu dengan memilih “Choose a Sprite”.


Gambar 6. Memasukan Huruf 

Gambar 6 menjelaskan langkah-langkah untuk memasukan gambar huruf sebagai berikut:

a.   Pilih “Choose a Sprite”

b.   Lalu pilih menu “Letter”

c.    Pilih salah satu huruf misalkan “A”

d.   Pastikan huruf “A” di dalam Sprite.



Gambar 7. Menambahkan Huruf

 

Tambahkan huruf selanjutnya dari A sampai Z namun ditambahkan juga untuk huruf yang warnanya ditransparansikan dengan cara sebagai berikut:


Gambar 8. Cara-cara untuk Transparansi

 

Pilih gambar hasil copy “Z” lalu warnanya dibuat transparansi pada bagian fill dan outline. Jangan lupa gantikan nama pada costume yaitu “Block-z2” dengan “Blok- “ (diketiknya Block-(spasi)).



Gambar 9. Memasukan Blok Perintah Pada Sprite1

Ketika bendera hijau ditekan, menunggu 1 detik kemudian variabel a diseting sama dengan 0 kemudian terjadi pengulangan sebanyak sesuai jumlah anggota list “kumpulan teks” terhadap pertambahan a sebesar 1 dan menyeting b sama dengan nol dan terjadi juga didalam pengulangan terjadi pengulangan lagi sebanyak jumlah huruf pada masing-masing kalimat pada setiap anggota list “kumpulan teks”, terhadap pertambahan b sebesar 1 dan variabel c menentukan urutan huruf berdasarkan pertambahan b untuk masing-masing anggota pada list “kumpulan teks”, untuk memunculkan per huruf dibutuhkan 0.01 detik, baru menjalankan fungsi clone pada “Block-A” (kumpulan huruf), sedangkan untuk memunculkan kalimat pada anggota list “kumpulan teks” dibutuhkan 0.01 detik.



Gambar 10. Memasukan Blok Perintah Pada Block-A

Pilih gambar pada Block-A, lalu buat blok perintah, pertama ketika bendera hijau ditekan huruf akan disembunyikan dan ukurannya diperkecil menjadi 20%, dan ketika huruf (Block-A) sebagai clone maka ditampilkan dan ukurannya diperkecil, costume akan berubah berdasarkan gabungan nama huruf dalam Block-A yaitu “Block-“ dan variabel c kemudian buat posisi menggunakan fungsi go to x y.

Gambar 11. Hasil Tulisan Animasi

3 تعليقات

إرسال تعليق

أحدث أقدم